gunadarma

gunadarma
universitas gunadarma

Kamis, 07 Oktober 2010

tugas etika profesi

Pengertian Etika Profesi
 Etika Profesi merupakan bidang dari etika terapan yang dapat dikaji lebih jauh lagi dan juga sangat diperlukan bagi dunia kerja manusia yang berkaitan dengan kemajuan teknologi. Etika profesi juga dapat dikatakan sebagai etika yang diterapkan dalam dunia kerja dan juga merupakan pegangan (sarana untuk berpijak) yang dibutuhkan oleh manusia sebagai pertimbangan moral dan sikap yang bijak.

Tujuan Pembelajaran Etika Profesi
 menguraikan etika sebagai ilmu tentang moralitas manusia, muncul dalam perkembangan etika profesi. kaidah atau norma etika yang berkaitan dengan moralitas seperti hati nurani, kebebasan bertanggung jawab, nilai dan norma, hak dan kewajiban akan diuraikan secara sistematik.

Pengertian Profesi
 Dalam bahasa latin professues awalnya diartikan sebagai kegiatan atau pekerjaan manusia yang dikaitan dengan sumpah atau janji suci. Ada juga yang menyatakan bahwa profesi merupakan perbuatan seseorang yang dilakukan untuk memperoleh nilai komersial. Orang yang sudah ahli dibidangnya dapat dikatakan sebagai Profesional. Untuk menjadi seorang profesional, seorang tersebut dituntut untuk memiliki sejumlah keahlian yang diperoleh secara formal dan juga telah menyelesaikan studinya secara penuh.

Tujuan Etika Profesi
 Etika profesi dapat berperan sebagai "kompas" moral atu penunjuk jalan bagi seorang profesional yang berdasarkan nilai-nilai etisnya, hati nurani, kebebasan bertanggungjawab, kejujuran, kepercayaan, hak dan kewajiban dalam bentuk pelayanan terhadap kliennya. Etika profesi juga diharapkan dapat menjamin kepercayaan masyarakat atau klien-kliennya terhadap pelayan yang diberikan oleh si profesional.







sumber :
 Data publikasi : MPKT UI, Buku Ajar 1, Logika, Filsafat Ilmu dan Pancasila.
 Penulis : Dr. Irmayanti Meliono, M.Si dkk
 Penerbit : Badan Penerbit FKUI 2010

Tidak ada komentar:

Posting Komentar