Pengertian
Istilah Interaksi Manusia Komputer
(IMK) atau dalam bahasa Inggris sering disebut Human-Computer Interaction (HCI) ini mulai muncul pada pertengahan
tahun 1980-an sebagai bidang studi komputer yang baru. Istilah HCI mengisyaratkan bahwa bidang studi ini
mempunyai fokus yang lebih luas, tidak hanya sekedar perancangan
antarmuka secara fisik. IMK atau HCI memiliki pengertian Suatu disiplin ilmu yang menekankan pada aspek desain,
evaluasi, dan implementasi dari sistem komputer interaktif untuk
kegunaan manusia
dengan mempertimbangkan fenomena-fenomena disekitar manusia
itu sendiri, dan juga disiplin ilmu yang
berhubungan dengan perancangan, evaluasi, dan implementasi sistem komputer
interaktif untuk digunakan oleh manusia dan studi tentang fenomena di sekitarnya. HCI
pada prinsipnya membuat agar sistem dapat berdialog dengan penggunanya
seramah mungkin.
Kegunaan IMK dalam Dunia Komputer
IMK memiliki tujuan umum
diantaranya adalah untuk mempermudah manusia dalam mengoperasikan
komputer dan mendapatkan berbagai umpan balik yang ia perlukan selama ia
bekerja pada sebuah sistem komputer. Para perancang antarmuka manusia dan
komputer berharap agar sistem komputer yang dirancangnya dapat bersifat akrab
dan ramah dengan penggunanya (user
friendly). User Friendly sendiri memiliki
pengertian kemampuan
yang dimiliki oleh software atau
program aplikasi yang mudah dioperasikan, dan mempunyai sejumlah kemampuan lain sehingga pengguna merasa betah dalam
mengoperasikan program tersebut,
bahkan bagi seorang pengguna pemula, disamping itu adapula istilah WYSIWYG (what you see is what you get) dan yang pasti adalah untuk mengurangi frustasi, ketidakamanan, dan kebingungan
pada pengguna. Oleh karenanya ada beberapa kriteria
dalam User Friendly yaitu memiliki tampilan yang bagus, mudah dioperasikan,
mudah dipelajari, dan pengguna selalu merasa senang setiap kali menggunakan software
tersebut.
Aspek dan Ruang Lingkup
dalam IMK
Dalam IMK ini yang menjadi fokus
utamanya adalah manusia, komputer dan interaksi itu sendiri. Manusia merupakan pengguna (user) yang memakai komputer. User ini
berbeda-beda dan memiliki karakteristik masing-masing sesuai dengan kebutuhan
dan kemampuannya dalam menggunakan komputer. Komputer merupakan peralatan elektronik
yang meliputi hardware (perangkat keras) dan software (perangkat lunak). Manusia dan komputer berinteraksi lewat masukan & keluaran melalui
antarmuka. Fokus: perancangan
dan evaluasi antarmuka pemakai (user interface). Antarmuka pemakai adalah bagian sistem komputer yang memungkinkan manusia
berinteraksi dengan komputer. Untuk mempermudah
pemahaman, berikut merupakan gambar dari aspek yang ada dalam IMK/HCI
Contoh IMK
Dalam bidang komunikasi, istilah media yang sering kita sebut sebenarnya adalah menyebutan singkat dari media komunikasi. Media komunikasi sangat berperan dalam mempengaruhi perubahan masyarakat. Televisi dan radio adalah contoh media yang paling sukses menjadi pendorong perubahan. Audio-visual juga dapat menjadi media komunikasi. Penyebutan audio-visual sebenarnya mengacu pada indra yang menjadi sasaran dari media tersebut. Media audiovisual mengandalkan pendengaran dan penglihatan dari khalayak sasaran (penonton). Produk audio-visual dapat menjadi media dokumentasi dan dapat juga menjadi media komunikasi. Sebagai media dokumentasi tujuan yang lebih utama adalah mendapatkan fakta dari suatu peristiwa.
Dalam
sebuah rumah sakit, suara mengenal
dari elektrokardiograf berbunyi 'bip' dalam irama ke jantung; pager alert
wanita di sebuah sudut jalan, telegraf memancarkan klik merata-spasi dalam kode
Morse. Semua ini adalah contoh menampilkan pendengaran, suara yang dibuat oleh
sebuah mesin dalam rangka berhubungan informasi. Di zaman ketika bahasa telah
menjadi bentuk Komunikasi Dominan, suara memainkan peran penting dalam hidup
kita. Sedangkan
Dalam berinteraksi dengan komputer, para pemakai akan berhadapan dengan
perangkat keras komputer. Untuk sampai pada isi yang ingin disampaikan oleh
perangkat lunak, pemakai dihadapkan terlebih dahulu dengan seperangkat alat
seperti keyboard, monitor, mouse, joystick, dan lain-lain. Selanjutnya, pemakai
akan berhadapan dengan macam-macam tampilan menu, macam-macam perintah yang
terdiri dari kata atau kata-kata yang harus diketikkannya, misalnya save, copy,
delete, atau macam-macam ikon.
Referensi
eprints.undip.ac.id/22738/1/Pert4_KonsepIMK.pdf . diakses pada 21 Maret 2013.
http://belajarlagibelajarterus.blogspot.com/2012/01/contoh-interaksi-manusia-dan-komputer.html
diakses pada 21 Maret 2013.
artikelnya ngebantu banget, untuk nambah-nambah materi laporan.
BalasHapusmakasih yaa