gunadarma

gunadarma
universitas gunadarma

Selasa, 19 April 2011

Hubungan multiblower dengan daya hidup komputer

Apakah anda tahu, berapa suhu maksimal dari processor komputer anda? Dimana Jika suhu processor melebihi titik kritis ini bisa mengurangi umur processor, bisa
mengakibatkan kerusakan, dan dalam kasus yang paling ekstrim bisa terbakar meleleh (**jika kipas mati).
kritis dari processor. Dengan informasi ini diharapkan anda bisa memantau suhu processor dari komputer yang anda gunakan.
Informasi ini sangat berguna baik bagi pengguna biasa maupun (terutama sekali) bagi para overclocker, hal ini bisa dijadikan acuan agar hasilnya bisa maksimal

 multi blower disni adalah kipas angin yang bentuknya kecil. Yang biasa kita sebut “fan”.  Suatu computer, bila dipakai dengan waktu yang lama akan menimbulkan computer menjadi panas. Bila ini dibiarkan terus menerus, maka komponen yang berada di dalam computer akan meleleh. Karena computer terlalu panas. Untuk itu muncul id untuk membuat kipas kecil yang bernama fan.
Fan sendiri adalah suatu kipas yang berukuran kecil. Fan ini bertujuan untuk menyedot udara segar dari luar pc. Agar udara didalam pc tidak terlalu panas. Fan ini sangat berguna untuk computer. Karena suatu computer terdapat batasan suhu. Bila suhu mencampai diatas standar suhu computer maka computer akan restart sendiri. Ini untuk mencegah kebakaran di pc.
Ada 3 fan yang wajib dipakai disemua computer yaitu:
1.       Fan pada cashing pc.
2.       Fan pada processor.
3.       Fan pada VGA.

1.       Fan pada cashing pc.
Fan ini sebenarnya tidak wajib bagi computer yang mempunyai spesifikasi  biasa/standart. Fan ini diwajibkan bagi computer yang mempunyai spesifikasi yang extreme. Karena pada spesifikasi extreme sangat cepat panas.
2.       Fan pada processor.
Fan ini diwajibkan untuk semua computer. Karena bila tidak, sesuatu yang fatal akan terjadi. Karena fan ini berfungsi untuk mendinginkan komponen-komponen yang sangat penting, seperti: processor motherboard RAM.biasanya jika anda membeli processor  akan mendapatkan fan ini.
3.       Fan pada VGA.
Fan ini berada nyatu dengan VGA. Fungsi fan ini adalah untuk mendinginkan dari VGA. Semua VGA sudah terdapat kipas.
4.       Fan pada power supply.
Karena power uuply tempat untuk bertemunya semua aliran listrik di pc seprti vga,motherboard dvd dll. Oleh karena itu power supply menjadi panas, dibutuhkan fan yang cukup untuk tidak terlalu panas.
Hal-hal yang akan terjadi bila pendinginan di dalam computer kurang:
1.       Computer sering restart sendiri
2.       Bila dipegang akan terasa panas sekali.
3.       Karena sering ngerestart maka windows yang digunakan akan rusak.
4.       Motherboard akan cepat rusak.


Terdapat banyak sekali jenis dan tipe kipas pendingin yang beredar di pasaran.Dengan model dan harga yang bervariasi,ada baiknya kita sebagai pengguna computer benar-benar meneliti sebelum membeli.Karena model yang bagus belum tentu cocok dengan performa processor yang anda gunakan.
Berikut beberapa desain dan tipe kipas pendingin yang beredar di pasaran :
  • Card Fans:Card jenis ini banyak digunakan untuk mekanisme pemindahan udara secara internal melalui peripheral-peripheral sistem seperti video card dan sebagainya.Kecepatan udaranya antara 60-70 CFM.

  • Nidec:Merupakan kipas pendingin yang bertipe blower yang cocok digunakan untuk komponen-komponen tertentu.Memiliki putaran yang sangat halus tetapi udara mampu dipindahkan tak lebih dari 20 CFM.

  • Slot Cooler:Kipas pendingin jenis ini menggunakan PCI atau ISA slot yang langsung dapat diinstal pada piranti-piranti yang mengeluarkan panas seperti VGA card,sound card dan sebagainya.Udara yang dihasilkan cukup besar,dengan noise yang cukup rendah.

  • Baycoolers :Model ini didesain untuk memindahkan udara pada bagian atas casing dan paling cocok untuk mendinginkan harddisk di samping menurunkan temperature casing secara umum.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar